Kajao Laliddong lahir pada masa pemerintahan Wé Benrigau, Raja Bone
ke IV dan diperkirakan meninggal di Kampung Laliddong pada masa
pemerintahan La Inca', Raja Bone ke VIII. Dikenal sebagai seorang
cendikiawan, negarawan, dan diplomat ulung yang buah pikirannya
menjadi konsep pangadereng yang kemudian bermetamorposis menjadi pola
dasar pemerintahan kerajaan di negeri-negeri Bugis dan Makassar pada
umumnya, khususnya Kerajaan Bone. Pangadereng ini pula menjadi prinsip
hidup masyarakat Bugis-Makassar dalam menjalani kehidupan
sehari-hari.Kajao Laliddong yang semasa kecilnya bernama La Méllong
adalah pabbicara –Penasihat, Pemimpin Masyarakat dan Duta Keliling
Kerajaan Bone pada masa pemerintahan La Uliyo Bote’é dan Tenri Rawe
Bongkangé. Kedua raja inilah yang banyak menggali buah pikirannya. La
Méllong juga dianggap sebagai seorang negarawan yang mempunyai
pemikiran jauh ke depan (sumber manurung’e).
Menurut catatan lontara, pada masa pemerintahan La Tenri Rawe Bongkangé, La Méllong to Suwallé yang digelar Kajao Laliddong diangkat menjadi penasihat dan Duta Keliling Kerajaan Bone. Di sebutkan pula sebagai seorang ahli pikir, seorang negarawan dan diplomat ulung dari negara dan bangsanya.
Dalam perjanjian Caléppa antara Gowa dan Bone (1565), La Mellong Kajao Laliddong memainkan peranan penting. Juga dalam perjanjian persekutuan antara Bone, Wajo, dan Soppéng yang lazim disebut Perjanjian LamumpatuE ri Timurung (1582) yang mempertemukan tiga raja, La Tenrirawe Bongkangé (Raja Boné/Arungponé), La Mungkace (Arung Wajo) dan,La Mappaleppe (Datu Soppeng).
Ajaran-ajaran Kajao Laliddong termuat dalam berbagai lontara, diantaranya LATOA seperti yang dikutif di bawah ini:
Dalam dialog Kajao Laliddong dengan Arungponé; “aga tanranna namaraja tanaé” (apa tandanya apabila negara itu menjadi besar/sukses)?”
Berkata Kajao Laliddong; “dua tanranna namaraja tanaé Arungponé, iyanaritu : seuwwani malempu namacca Arung Mangkaué, maduanna tessisala-salaé.” (Dua tanda negara menjadi jaya Arungpone, pertama raja yang memerintah memiliki sifat jujur lagi pintar, kedua tidak bercerai-berai/bersatu).
“Naiya tulaé pattaungeng Arungpone (adapun yang menyebabkan wahai Raja Bone)”
Berkata lagi Kajao Laliddong: “engka tu matu narioloi dua wettu, iyanaritu wettu manu sibawa wettu pennyu. Naiya tanranna wettu manué itai kedona manu mabbitte sikomuatu mabbittena luppe’ni sala seddinna menré ri coppo bolaé natingkoko tongeng, na dé manu bali tingkokona, luppe’niro ri tanaé. Makkalejja’na ajéna ri tanaé rilellunna ri manu naewaé mallotténg denre”. Menurut Kajao Laliddong: “iyyatu denre manu mattingkokoé ricoppobolaé iyatu manu cau. Makkuaniro gaunna tomaseng engngi alena ajjoareng.” (Ada masa kita akan lewati 2 zaman/era, yaitu zaman Ayam dan Penyu, ada tanda zaman Ayam adalah lihatlah perangai ayam yang di sabung, tak begitu lama ia berlaga lompatlah satu naik atap rumah sambil berkokok , dan ketika tidak dibalas kokokannya(yakin ) oleh lawannya, ia melompat turun ke tanah, sampai saja kakinya di tanah ia pun dikejar dari ayam lawannya tadi, yang berkokok di atap rumah adalah ayam pengejut( karena ia berkokok seakan berkata saya adalah kesatria), begitulah karakter orang yang menganggap dirinya pemimpin yang baik (Good Governance)
Menurut catatan lontara, pada masa pemerintahan La Tenri Rawe Bongkangé, La Méllong to Suwallé yang digelar Kajao Laliddong diangkat menjadi penasihat dan Duta Keliling Kerajaan Bone. Di sebutkan pula sebagai seorang ahli pikir, seorang negarawan dan diplomat ulung dari negara dan bangsanya.
Dalam perjanjian Caléppa antara Gowa dan Bone (1565), La Mellong Kajao Laliddong memainkan peranan penting. Juga dalam perjanjian persekutuan antara Bone, Wajo, dan Soppéng yang lazim disebut Perjanjian LamumpatuE ri Timurung (1582) yang mempertemukan tiga raja, La Tenrirawe Bongkangé (Raja Boné/Arungponé), La Mungkace (Arung Wajo) dan,La Mappaleppe (Datu Soppeng).
Ajaran-ajaran Kajao Laliddong termuat dalam berbagai lontara, diantaranya LATOA seperti yang dikutif di bawah ini:
Dalam dialog Kajao Laliddong dengan Arungponé; “aga tanranna namaraja tanaé” (apa tandanya apabila negara itu menjadi besar/sukses)?”
Berkata Kajao Laliddong; “dua tanranna namaraja tanaé Arungponé, iyanaritu : seuwwani malempu namacca Arung Mangkaué, maduanna tessisala-salaé.” (Dua tanda negara menjadi jaya Arungpone, pertama raja yang memerintah memiliki sifat jujur lagi pintar, kedua tidak bercerai-berai/bersatu).
“Naiya tulaé pattaungeng Arungpone (adapun yang menyebabkan wahai Raja Bone)”
- Sewwani narekko matanré cinnai Arung Mangkaué ( pertama apabila raja yang memerintah memiliki selera /pencitraan yang tinggi)
- Maduanna naterini warangparang tomabbicaé,( kedua apabila pejabat pemerintah/intelektual menerima sogok)
- Matellunna narekko sisala-salani taué rilalengpanua, tanranna toparo narekko maeloni baiccu tanamarajaé.” ( dan ketiga apabila apabila terjadi perselisihan di dalam negeri, tanda itu pula lah negara besar menjadi kecil.)
Berkata lagi Kajao Laliddong: “engka tu matu narioloi dua wettu, iyanaritu wettu manu sibawa wettu pennyu. Naiya tanranna wettu manué itai kedona manu mabbitte sikomuatu mabbittena luppe’ni sala seddinna menré ri coppo bolaé natingkoko tongeng, na dé manu bali tingkokona, luppe’niro ri tanaé. Makkalejja’na ajéna ri tanaé rilellunna ri manu naewaé mallotténg denre”. Menurut Kajao Laliddong: “iyyatu denre manu mattingkokoé ricoppobolaé iyatu manu cau. Makkuaniro gaunna tomaseng engngi alena ajjoareng.” (Ada masa kita akan lewati 2 zaman/era, yaitu zaman Ayam dan Penyu, ada tanda zaman Ayam adalah lihatlah perangai ayam yang di sabung, tak begitu lama ia berlaga lompatlah satu naik atap rumah sambil berkokok , dan ketika tidak dibalas kokokannya(yakin ) oleh lawannya, ia melompat turun ke tanah, sampai saja kakinya di tanah ia pun dikejar dari ayam lawannya tadi, yang berkokok di atap rumah adalah ayam pengejut( karena ia berkokok seakan berkata saya adalah kesatria), begitulah karakter orang yang menganggap dirinya pemimpin yang baik (Good Governance)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar